DAMPAK dan PENYEBAB CEDERA SARAF TULANG BELAKANG

DAMPAK dan PENYEBAB CEDERA SARAF TULANG BELAKANG

Dalam tubuh manusia, ada bundel serat saraf yang lunak dan memanjang dari dasar otak ke punggung sisi bawah. Sisi ini disebut dengan saraf tulang belakang dan tempatnya diproteksi oleh tulang belakang.

Saraf tulang belakang ini berperan untuk sampaikan pesan di antara otak dan semua anggota badan. Karena perannya https://medplusurgentcare.com/ menyambungkan di antara otak dan beberapa bagian badan yang lain, karena itu luka pada saraf tulang belakang bisa menyebabkan masalah saraf dan peranan organ di berbagai anggota badan.

Imbas Luka Saraf Tulang Belakang pada Badan

Saraf tulang belakang bukan sisi yang tahan dari luka. Luka pada saraf tulang belakang adalah salah satunya tipe luka fisik yang sangat serius, dan efeknya dapat memiliki sifat periode panjang.

Informasi dari otak ke semua anggota badan atau kebalikannya, akan terusik jika ada luka pada saraf tulang belakang. Ini bisa memunculkan pengurangan kekuatan badan dalam bergerak (motorik) dan merasa (sensorik), baik pada beberapa anggota badan atau semuanya.

Imbas luka saraf tulang belakang tergantung pada derajat kerusakan yang terjadi. Pada luka enteng, mungkin masalah pada saraf motorik dan sensorik belum ada. Tetapi pada luka saraf tulang belakang yang berat, bisa terjadi kerusakan saraf yang mengakibatkan kekurangan, mati rasa, sampai kelumpuhan pada anggota badan.

Luka saraf tulang belakang sisi bawah, contohnya dengan tingkat dada atau pinggang, bisa mengakibatkan kelumpuhan pada ke-2 tungkai kaki. Dan luka saraf tulang belakang pada tempat leher, bisa mengakibatkan kelumpuhan pada ke-2 lengan dan tungkai kaki. Bahkan juga, jika luka berkenaan sisi atas leher, pasien bisa menemui kesusahan bernapas hingga memerlukan alat tolong pernafasan.

Pertanda dan Tanda-tanda Luka Saraf Tulang Belakang

Pada umumnya, gejala-gejala berikut ini dapat ada karena luka saraf tulang belakang:

Mati rasa atau kesemutan.
Kesusahan mengatur bab atau kencing.
Kesusahan jalan.
Lenyapnya kekuatan gerakkan kaki atau lengan (lumpuh).
Sakit di kepala.
Tidak sadarkan diri atau mungkin tidak sadar diri.
Beberapa gejala terguncang.
Posisi kepala yang tidak lumrah.
Ngilu, kekakuan, atau penekanan leher, punggung, dan anggota gerak badan.
Tanda-tanda yang ada karena luka saraf tulang belakang, tergantung pada lokasi saraf tulang belakang yang mana terserang.

Pemicu Berlangsungnya Luka Saraf Tulang Belakang

Luka saraf tulang belakang umumnya muncul karena kecelakaan atau kekerasan yang menghancurkan susunan tulang belakang. Contoh-contoh kecelakaan dan kekerasan yang dapat mengakibatkan luka itu, yakni:

Jatuh dari ketinggian.
Kecelakaan kendaraan motor yang mengakibatkan bentrokan di wajah, leher, punggung, atau dada.
Luka pada kepala atau tulang belakang waktu olahraga.
Tusukan atau tembakan yang mengena tulang belakang.
Masuk ke air dangkal dengan sisi bawah badan kebentur terlebih dulu.
Putar badan sisi tengah terlampau kencang atau terlampau kuat.
Tersengat listrik.
Selainnya luka fisik, keadaan tertentu seperti pendarahan, bengkak, dan tumor disekitaran atau dalam batas tulang belakang, bisa memunculkan kerusakan saraf tulang belakang.

TALLER GRATUITO

"A un Click de ser Feliz"

últimas plazas disponibles